Pelindo Regional 3 Kebut Pembangunan Pelabuhan Batang

150
Pelindo Regional 3 Kebut Pembangunan Pelabuhan Batang
Pelindo Regional 3 Kebut Pembangunan Pelabuhan Batang

titikomapost.com, SURABAYA –  Sesudah Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) diresmikan Presiden beberapa waktu lalu, PT Pelabuhan Indonesia Regional 3 Kebut pembangunan pelabuhan Batang, Hal ini sebagai upaya mewujudkan ekosistem kawasan industri yang saling terintegrasi di kawasan KITB.

Jadual Pembangunan Pelabuhan Batang dimulai pada bulan Juni lalu yang dimulai dengan  pekerjaan persiapan dan pembangunan causeway yang hari ini mencapai progres 6%, nantinya akan segera dilanjutkan dengan pekerjaan trestle dan dermaga. Direncanakan Pelabuhan Batang ini akan memiliki Panjang dermaga pada tahap awal sepanjang 150 meter dengan kedalaman -5 meter low water Spring (LWS).

Pembangunan pelabuhan di KITB ini sejalan dengan program Pelindo dalam mengintegrasikan antara pelabuhan dengan kawasan industri. Dengan akses langsung yang terhubung dengan pelabuhan, ”  KITB ini memiliki peluang besar untuk meningkatkan efisiensi rantai pasok serta mempercepat proses pengiriman barang yang akan menjadi daya tarik bagi para investor” kata Senior Manajer Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari Senin (5/8/2024).

Menurutnya, Pelindo  juga optimis dengan dukungan semua pihak baik dari pemerintah daerah, Kementerian dan Stakeholder lain pekerjaan pembangunan ini sesuai rencana yaitu selesei Maret 2025.

Baca Juga  PT. PMT Sabet Bendera dan Sertifikat Emas SMK3 Menaker RI

“Sesuai araha Presiden Republik Indonesia, kami akan mengoptimalkan pembangunan Pelabuhan Batang sesuai waktu yang direncanakan, komitmen kami adalah menghadirkan pelabuhan dengan layanan kepelabuhan prima untuk menunjang ekosistem KITB”. Ujarnya

Pelabuhan Batang yang diproyeksikan mampu melayani kapal jenis tongkang dan general cargo dengan bobot 6.000-7.000 DWT dan panjang kapal maksimal 135 meter serta Volume cargo setiap kunjungan berada pada kisaran 6.500-7.000 ton, mendapat sambutan baik oleh para pengusaha pelayaran.

Ketua DPC INSA Semarang Hari Ratmoko, mengatakan bahwa pihaknya mendukung dibangunnya Pelabuhan Batang untuk menunjang lalu lintas barang dan kapal di kawasan tersebut.

“Penugasan dari Pemerintah kepada Pelindo dalam membangun pelabuhan di KITB adalah keputusan tepat. Pelindo sudah memiliki kapasitas & kapabilitas untuk memenuhi harapan Pemerintah dalam rangka menghadirkan konektivitas laut bagi industri di KITB,” ungkap Hari

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memberikan penugasan kepada Pelindo dalam menunjang ekosistem industri dan logistik di KITB dengan membangun pelabuhan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Baca Juga  6 Delegasi Zhejiang Seaport Group Lakukan Kunjungan Bisnis di PT. PMT Kuala Tanjung

Pelindo nantinya akan menawarkan layanan jasa kepelabuhanan antara lain pelayanan kapal, bongkar muat dan penumpukan barang serta jasa kepelabuhanan terkait lainnya. Sejumlah pengguna potensialnya pun sudah mulai melirik layanan yang ditawarkan Pelindo diantaranya para perusahaan yang menjadi tenant di KITB seperti perusahaan sepatu, perusahaan kaca, perusahaan pipa plastik, hingga perusahaan gas industri. (RG)

Titikomapost.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE